Laman

Rabu, 20 Februari 2013

Resep Macaroni Schotel Panggang

Macaroni schotel itu makanan favorit saya yang selalu dibuat ibu saya. Macaroni schotel adalah pasta macaroni yang dimasak dengan keju, telur, susu dan daging sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan lezat. Tekstur, kalori, dan kepadatan masakan ini biasanya dapat dijadikan makanan untuk di sore hari atau terkadang dijadikan sarapan pagi, kalau dimakan di malam hari bisa cukup berkontribusi menambah berat badan..hmmm.makin enak kalau susu sama kejunya banyak loh.. simak yuk resep macaroni schotel panggang berikut


















Bahan:

400 gr Macaroni elbow (atau bisa pakai bentuk lain untuk variasi)
2 sdm minyak untuk merebus macaroni
1 sdt garam untuk merebus macaroni
250 gr daging cincang
1 ltr susu cair UHT Full cream
5 telur, kocok
175 gr keju cheddar parut atau potong dadu kecil kecil
1 bks penyedap rasa daging
200 gr bawang bombay potong kotak kecil kecil
Merica secukupnya
Smoked beef potong memanjang (optional)
Lapisan atas:

2 telur kocok
Keju cheddar parut secukupnya

Cara:

Siapkan loyang, biasanya saya pakai pyrex. Bisa juga menggunakan Loyang alumunium, tapi perhatikan waktu memasak karena cenderung lebih cepat kering.
Rebus sampai matang macaroni dengan minyak dan garam agar tidak saling menempel, lalu saring. Pastikan macaroni sudah matang dan lembut (tapi jangan terlalu lembek yah.. Macaroni yang terlalu lembek akan menghasilkan macaroni schotel yang terlalu padat dan lembek, kecuali memang itu hasil yang diinginkan)
Tumis bawang bombay sampai harum, masukan daging dan tumis hingga daging matang. Masukan susu, smoked beef (optional), telur yang sudah dikocok, keju, merica secukupnya serta penyedap rasa. Lalu masukan macaroni yang sudah disaring, aduk rata dan masak hingga permukaan susu tidak melebihi banyaknya macaroni. Ini untuk mencegah hasil akhir masakan terlalu encer setelah dipanggang.
Taruh di loyang dan lapisi dengan telur dan taburi dengan keju cheddar secukupnya, lalu panggang di oven dengan suhu 180c waktu memanggang bisa bervariasi tergantung besar dan jenis Loyang yang digunakan, biasanya saya kalau pakai pyrex kotak ukuran 20 x 20 cm membutuhkan waktu 20-30 menit. Angkat macaroni yang dipanggang apabila bagian atas sudah kecoklatan. Tidak perlu khawatir dengan bagian dalam masakan anda, karena sebelum kita panggang masakan sudah kita rebus terlebih dahulu. Tujuan memanggang macaroni schotel ini adalah untuk mengeringkan bagian atas masakan.
Angkat dan diamkan selama 15 menit baru potong-potong. Sajikan dengan sambal dan saus tomat.

4 komentar: